Rebranding adalah tantangan yang luar biasa bagi perusahaan mana pun. Tak mudah memang melakukan rebranding. Risiko besar pun menanti Anda jika salah strategi dalam melakukan rebranding.
Namun, sebagai pimpinan perusahaan, Anda perlu mengambil keputusan. Sebab, rebranding juga perlu dilakukan jika Anda memiliki rencana yang lebih luas untuk melakukan ekspansi atau pengembangan usaha.
Melansir dari laman entrepreneur, berikut adalah 10 yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan rebranding pada sebuah produk atau perusahaan Anda:
1. Mengubah nama perusahaan Anda tidak akan menyelesaikan semua masalah
Salah satu cara untuk melakukan rebranding adalah dengan mengubah nama perusahaan. Namun, perlu diingat, mengubah nama perusahaan tidak selalu menyelesaikan semua persoalan bisnis Anda.
Sebelum mengubah nama perusahaan, Anda perlu mengevaluasi kembali keseluruhan strategi pemasaran. Jika yakin dengan strategi pemasaran, maka Anda telah siap untuk melakukan rebranding.
2. Menemukan nama yang sempurna membutuhkan proses
Tak mudah memang untuk menemukan nama yang baru untuk perusahaan atau produk yang Anda tawarkan. Anda pun harus melakukan proses eliminasi dan eksplorasi lebih lanjut sebelum melakukan rebranding.
Sesuaikan rencana Anda dengan budget yang dimiliki. Sebab, Anda akan membutuhkan dana untuk menerapkan strategi pemasaran setelah melakukan rebranding.
3. Jangan pilih tim terlalu banyak
Memilih brand baru tidaklah mudah. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memiliki tim khusus dalam menentukan brand ini.
Namun, pilihlah tim khusus yang dapat memberikan Anda pertimbangan terkait perubahan brand ini. Jangan pilih anggota tim dalam jumlah besar jika Anda hanya membutuhkan sedikit orang yang dapat membantu untuk mengubah brand ini.
4. Beri tim Anda info sebanyak mungkin
Sebagai pimpinan sebuah perusahaan atau bagian tertentu, Anda perlu memberikan informasi sebanyak mungkin untuk tim. Jelaskanlah alasannya, bagaimana dan kapan Anda bersama tim harus rebranding.
Keterbukaan informasi sangat penting pada proses rebranding. Pastikan informasi terkait tujuan Anda melakukan rebranding ini diterima oleh anggota perusahaan.
5. Penting untuk disadari bahwa Anda tidak akan pernah siap 100%
Jangan tunggu siap hingga 100% untuk memulai. Kata kunci ini perlu Anda pegang ketika memulai bisnis, hingga sektor kehidupan lainnya.
Jika Anda merasa siap, mulailah. Keyakinan Anda dapat mengalahkan berbagai tantangan, termasuk ketika melakukan rebranding.
6. Perkuat internal tim
Anda perlu memperkuat internal sebelum melakukan rebranding perusahaan. Tim Anda adalah hal yang paling berharga dalam menentukan kesuksesan dalam melakukan rebranding.
Bahkan, Anda perlu memperlakukan tim Anda seperti keluarga. Buatlah suasana senyaman mungkin bagi tim Anda untuk meningkatkan rasa saling percaya dan produktivitas pekerjaan.
7. Jalin Kerjasama
Dalam melakukan rebranding, tak ada salahnya Anda menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Utamanya dengan perusahaan lain yang telah memiliki brand atau merek terkenal.
Hal ini perlu dilakukan sebagai modal awal bagi Anda dalam melakukan penjualan produk. Anda pun dapat melakukan kerjasama dalam hal pemasaran dengan perusahaan yang telah memiliki merek terkenal.
8. Anda harus membiarkan proses membawa Anda ke arah yang tidak terduga
Bisnis memang selalu identik dengan hal yang tidak terduga. Jika telah memutuskan untuk melakukan rebranding, Anda hanya perlu menunggu sesuatu yang tak terduga dalam perkembangan merek atau nama perusahaan terbaru. Siapkan diri Anda untuk gagal. Siapkan pula diri Anda untuk berhasil.
9. Desain
Dalam melakukan rebranding, Anda pastinya harus memikirkan desain dari logo baru yang menjadi ciri khas baru bagi usaha Anda.
Kreativitas Anda sangat dituntut dalam penentuan logo ini. Pastikan logo yang Anda miliki mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat umum. Artinya, Anda harus memiliki logo yang ekslusif dalam melakukan rebranding.
10. Rayakan Kesuksesan Anda
Tak mudah untuk melakukan rebranding. Perlu kerja keras, manajemen tim yang baik, dan strategi pemasaran yang tepat.
Jika proses rebranding berhasil, pastikan untuk merayakannya sebagai sebuah tim secara internal. Terkadang, perayaan sekecil apa pun perlu Anda lakukan pada sebuah pencapaian.
Melalui perayaan, Anda dapat menunjukkan kepedulian dengan internal tim Anda. Perlu diingat, anggota tim Anda bukanlah mesin yang hanya bekerja untuk perusahaan Anda.
Perlakukanlah anggota tim Anda secara manusiawi dengan memberi penghargaan sekecil apa pun atas pekerjaannya. Sebab, bekerja bukan hanya persoalan gaji. Hal ini terkadang dilupakan oleh beberapa perusahaan, tak terkecuali perusahaan yang sudah besar.
~KAMPOENG TIMOER~